Contoh Cerdas Promosi Pariwisata Islandia lewat Musik

Meski negara kecil, sangat kecil, Islandia dapat menghasilkan artis yang dikenal secara internasional. Pertama kali saya tahu Islandia, adalah melalui Bjork. Sejak lama mereka sudah sangat serius menggarap strategi Kota Musik, terutama di ibukota negara, Reykjavik.

Hari Selasa tanggal 21 Juni 2016 lalu, band post-rock veteran dari Islandia, Sigur Rós, membuat projek bernama “Route One”. Yaitu sebuah event livestreaming satu hari satu malam yang mensinkronisasi perjalanan melewati jalan tol paling panjang di Islandia dengan salah satu lagu baru mereka yang berjudul “Óveður”.

Soundtrack perjalanan ini dibuat khusus untuk menyesuaikan dengan setiap momen secara otomatis menggunakan software musik bernama Bronze. Untuk menikmati audio-nya, disarankan menggunakan headphone atau tambahan speaker external komputer dan full-screen view.

Di Islandia, event ini di-steam secara langsung di salah satu tv nasional, untuk penggemar internasional, bisa menikmati lewat channel YouTube.

Bertepatan dengan “Summer Solstice”, yang merupakan “hari terpanjang” tahun ini di Islandia, “Route One” adalah perjalanan 1,332 km melewati jalan yang mengelilingi negara dan melewati tempat-tempat paling terkenal di Islandia.

Ini adalah cara paling murah dan mudah untuk melihat dan mengetahui bagaimana keadaan di sana, baik yang tidak punya dana untuk mengunjungi langsung maupun yang ingin melihat dulu sebelum memutuskan untuk datang ke Islandia.

Selain memamerkan intelektualitas band Sigur Rós dan bagaimana alam Islandia mempengaruhi mereka untuk menciptakan musik, projek ini juga secara langsung mempromosikan tempat-tempat wajib dikunjungi di Islandia.

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply