Pengaruh Industri Musik Terhadap Ekonomi di Kota New York

Wali Kota Bill de Blasio dan Media and Entertainment Commissioner Julie Menin mengumumkan hasil dari riset pertama pengaruh industri musik terhadap ekonomi di kota New York. Riset tersebut, yang dilakukan Boston Consulting Group, menemukan bahwa sektor musik mendukung pekerja hingga hampir 60.000 orang, $5 milyar pendapatan gaji, dan menciptakan $21 milyar hasil ekonomi.

Industri musik juga ternyata tumbuh paling cepat dibanding sektor lain, dimana pekerjaan yang berkaitan dengan musik dan penghasilan gaji tumbuh 4% dan 7%, sementara itu di sektor lain tumbuh 3% dan 5%.

Seperti bisa diduga, hasil studi mengukuhkan New York sebagai ekosistem musik terbesar di dunia.

Studi ini juga menemukan bahwa Kota New York adalah pusat inovasi dan layanan musik digital. Ada 70 startup musik di sana, dua kali lipat dari perusahaan serupa yang ada di San Fransisco atau Los Angeles. Temuan lainnya adalah penjualan tiket konser di New York ternyata lebih tinggi dibanding semua kota di dunia, yaitu 5.4 juta di tahun 2015. Temuan ini akan menambah panas persaingan New York dengan London sebagai pasar pertunjukan musik terbesar di dunia (seperti klaim Saul Klein dari Index Ventures di Techcrunch Disrupt London 2014).

Laporan bisa di-download dan dipelajari lewat link ini.

, , , ,

No comments yet.

Leave a Reply