Laporan Kontribusi Live Music terhadap Ekonomi Britania Raya

wywh

Britania Raya, atau United Kingdom (UK), yang termasuk di dalamnya negara seperti Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia, merupakan negara yang paling sukses menciptakan legenda musik dari dulu hingga sekarang. Terakhir, IFPI mengeluarkan daftar 10 recording artist paling sukses di tahun 2015. Setengah yang di daftar tersebut berasal dari UK, mereka adalah Adele, Ed Sheeran, One Direction, Coldplay dan Sam Smith.

Salah satu kesuksesan mereka menciptakan artis sukses adalah karena live music yang hidup dan berkembang di sana. Sejak tahun 2013, ada laporan yang bernama “Wish You Were Here” yang difokuskan untuk melaporkan kontribusi ekonomi live music terhadap UK.

Wish You Were Here 2016

UK Music, payung organisasi industri musik di UK baru saja menerbitkan “Wish You Were Here 2016”, yang berisi laporan kontribusi live music terhadap ekonomi di UK.

Highlight laporan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Total spending turis musik sebesar £3.7 milyar atau sekitar 75 trilyun rupiah.
  2. Jumlah turis musik di UK tahun 2015 lebih dari 10 juta orang.
  3. Ada 700 ribu+ turis dari luar negeri datang ke UK untuk menikmati musik. Mereka rata-rata menghabiskan uang £852 atau sekitar 17 juta rupiah.
  4. 3 juta turis musik mengunjungi London.
  5. Tidak seperti laporan sejenis tahun-tahun sebelumnya, laporan tahun 2016 juga ada laporan khusus tentang total audiens live musik, yaitu 27,7 juta total pengunjung acara live musik di UK; 24 juta mengunjungi konser, dan sisanya 3,7 juta mengunjungi festival musik.
  6. Sementara itu untuk club-club kecil yang sekarang sedang gencar-gencarnya dikampanyekan agar bisa bertahan menghadapi efek gentrifikasi lewat kampanye Music Venue Trust dan berbagai upaya dari Wali Kota London, juga ada laporannya:
    • 5,6 juta orang mengunjungi club kecil untuk nonton konser di tahun 2015.
    • Total spending turis musik yang mengunjungi club kecil adalah £231 juta atau hampir 5 trilyun rupiah setahun.
    • Club kecil dikunjungi 1,46 juta turis musik, hampir 10%-nya adalah turis musik dari luar UK.
    • Isi laporan ini juga mencakup kegiatan kota per kota di UK, termasuk Norwich, Leicester, London, Newcastle, Manchester, Belfast, Glasgow, Brighton, Exeter, Cardiff, Coventry, dan Hull.

Menghitung dampak ekonomi musik harus menghitung faktor-faktor yang langsung maupun tidak langsung, bukan hanya menghitung penjualan musik yang berbasis hak cipta.

Laporan “Wish You Were Here 2016” bisa di-download di link ini.

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply