Piano Untuk Siapa Saja di Stasiun Kereta

Piano di Stasiun

Saat menunggu di stasiun kereta yang padat di Perancis, ada peluang seseorang akan memainkan piano untuk Anda. Lagu yang dimainkan beragam, bisa lagu soundtrack dari Pirates of The Carrribean, lagu tema Tetris, hingga lagu klasik seperti “La Foule” dari Edith Piaf, atau “Fantaisie-Impromptu” dari Frédéric Chopin.

Pianis-pianis tersebut bukan musisi profesional yang dibayar atau musisi jalanan yang biasanya bermain musik untuk meminta koin. Mereka adalah orang awam yang sedang lewat, dan nge-jam untuk senang-senang di salah satu lokasi dari hampir 100 stasiun kereta yang disimpan oleh divisi pengelola stasiun kereta. Piano-piano tersebut boleh digunakan oleh siapa saja, dari golongan apapun, yang ingin menggunakan.

Pengelola stasiun menyewa piano dan bekerja sama dengan perusahaan manufaktur piano Yamaha, yang merawatnya langsung secara berkala. Piano yang pertama dipasang adalah pada tahun 2012, di stasiun Gare Montparnasse, Paris.

Alat musik piano tampaknya sangat populer di sana (di negara dan kota lain mungkin alat musik yang berbeda). Bahkan pernah ada kontes yang meminta partisipan mengirim video yang berisi mereka sedang bermain piano, dan dapat menarik 900 peserta.

Musik yang dihasilkan para pianis, dicampur dengan kegaduhan lain di stasiun kereta. Hal tersebut dapat memberikan suasana khas yang hanya bisa ditemui di stasiun kereta di Perancis.

Apakah ini kegiatan yang berisiko tinggi? Ternyata tidak. Claire Fournon, juru bicara dari Gares & Connexions, pengelola stasiun kereta api di sana mengatakan:

“Tidak ada satupun yang dirusak hingga hari ini. Orang-orang menghormati dan berbagi piano tersebut dengan siapa saja”.

Ini adalah salah satu bukti bahwa musik dapat membuat mengeluarkan rasa hormat dari orang banyak yang tidak saling kenal di sebuah kota, jika dinikmati bersama-sama.

Sumber gambar: Zoltán Vörös. (CC BY 2.0)

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply